Tragedi Zakat Maut Pasuruan Jangan Terulang

Hari Minggu kemarin (12/8/2012) kita disuguhi berita yang cukup memilukan sekaligus memalukan tentang pembagian nasi kotak yang berlangsung ricuh. Ribuan warga terlibat aksi rebutan nasi kotak menjelang berbuka puasa.

Kabarnya jumlah paket nasi yang dibagikan tidak sebanding dengan jumlah jamaah yang hadir sehingga terjadi aksi rebutan. Panitiapun akhirnya kewalahan. Lantas apa makna puasa kalau sudah seperti itu?

Beberapa hari lagi umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Hari Raya Iedul Fitri 1433 H. Yang merupakan hari kemenangan setelah berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan. Sebagai penyempurna puasa umat muslim diwajibkan untuk membayar zakat. Zakat dibayarkan pada bulan Ramadhan sampai menjelang sholat Ied.

Tapi sayang moment menunaikan kewajiban membayar zakat jadi ternodai lantaran pendistribusiannya yang tidak benar. Trend pembagian zakat mirip dengan pembagian nasi kotak yang ricuh seperti diatas terus berulang. Setiap tahun diujung ramadhan yang mestinya merupakan hari menyenangkan karena kita akan menyambut hari kemenangan kita justru harus menyaksikan tangis pilu kaum papa akibat kelalaian sejumlah orang. Orang Kaya ponggah yang membagikan bingkisan dan zakat dengan cara yang tidak manusiawi.

Sebagai penyempurna puasa zakat juga infaq dan sodaqoh punya tujuan mulia yaitu untuk mengentaskan derajat fakir miskin tapi menjadi sia-sia lantaran cara pedistribusiannya yang tidak benar. Pembagian zakat secara perorangan yang tidak terorganisir dengan baik alih-alih memuliakan fakir miskin malah melecehkannya dengan membiarkan para penerima zakat saling berdesakan, berebutan sampai menimbulkan korban jiwa.

Cara pembagian zakat yang memprihatinkan ini mestinya sudah harus dihentikan. Cara seperti itu tidak sesuai dengan ajaran islam melenceng jauh dari misi pemberian zakat itu sendiri. Cara seperti ini seperti halnya pembagian nasi kotak diatas sangat tidak mendidik masarakat. Sudah cukup jangan lagi tambah korban.

Sipapun bisa melihat cara seperti itu lebih menonjol unsur pamernya disadari atau tidak akan berbuntut sifat riya ingin dipuji, ini tentu membuat amalan menjadi sia-sia. Sudah saatnya para Dermawan, para Muzaki tidak lagi meberikan zakat secara perorangan dengan cara yang sembrono. Sebaiknya fungsi optimalkan dan awasi Lembaga Amil Zakat sehingga pembagian zakat belangsung adil, aman dan tertib.
 
sumber: http://sosbud.kompasiana.com/2012/08/15/tragedi-zakat-jangan-lagi-berulang/

Terima kasih telah membaca postingan yang berjudul Tragedi Zakat Maut Pasuruan Jangan Terulang ini. Silahkan ikuti perkembangan informasi terbaru dan terpopuler lainnya dari blog terbaru-terpopuler.blogspot.com. Kami akan terus berusaha menyuguhkan konten bacaan yang menarik untuk Anda simak setiap hari.
Silahkan klik "like" dibawah ini, jika tulisan diatas bermanfaat untuk Anda

Title Post: Tragedi Zakat Maut Pasuruan Jangan Terulang
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: onino mansah

Pembaca yang baik SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dengan topik akan segera di HAPUS