Cara Mengatasi Bayi yang Menolak Makan

Cara mengatasi bayi yang menolak makan ini mungkin akan sangat berguna bagi para ibu muda yang memiliki bayi usia 8-10 bulan. Hal ini bukanlah sesuatu yang aneh dan mengherankan. Sebagai seorang ibu hendaknya tidak lantas putus asa dan menjadi kesal karena bayi menolak makan saat disuapi. Seperti yang ditulis oleh kompas.com berikut ini 

"Hormati kehendak dan kemauan anak dengan tidak memaksanya," kata Ketua Ikatan Konselor Menyusui Indonesia Nia Umar dalam seminar Golden Standard for Golden Periode di Jakarta, Sabtu (4/8/2012).

Penolakan bayi untuk makan ini bisa dipicu banyak hal, mulai dari sedang tidak mau makan, sakit, gigi sedang tumbuh, bosan dengan menu yang ditawarkan, jenuh dengan rutinitas makan, atau trauma dipaksa makan.

Banyak orangtua menyiasati bayi yang enggan makan dengan memberikan mereka susu kaleng yang diklaim mengandung zat gizi lengkap atau mengencerkan makanan agar lebih mudah masuk ke mulut bayi. Adapula yang mengatasinya dengan mengajak anak makan sambil jalan-jalan atau menonton televisi.

"Itu justru tindakan keliru," tegasnya. MP-ASI terbaik adalah makanan keluarga sehari-hari yang dibuat sendiri dengan kandungan gizi seimbang.

Makan sambil jalan-jalan disekitar rumah justru tidak sehat karena membuat makanan bayi rentan terkena bakteri dan kotoran. Sementara menonton televisi akan membuat bayi tidak konsentrasi makan, sehingga lupa akan makanan yang dimakannya.

Orangtua, lanjut Nia, perlu membuat suasana makan yang menyenangkan bagi anak, seperti mengajak mereka menyiapkan makanan atau menggunakan alat-alat makan kesukaan mereka. Variasi menu makanan juga perlu diperhatikan.

Sebaiknya bayi makan dalam pangkuan orangtua. Jika ada kursi makan bayi, bayi dapat didudukkan pada kursi. Makan bersama keluarga akan lebih memberi semangat dan contoh pada bayi untuk makan.

"Sesekali berjalan atau menonton televisi sebentar tidak apa, yang penting suasana makan yang dirasakan bayi menyenangkan. Tapi, jangan hal itu dijadikan kebiasaan," tambah dosen Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta II Ayu Anggraeni Dyah Purbasari.

Nia menambahkan percakapan antara orangtua dan anak selama makan juga perlu dijaga. Menyuapi anak bukan sekedar memasukkan makanan ke mulut bayi tetapi menjalin kontak batin antara orangtua dan anak.

Anak perlu diperkenalkan makan sendiri sejak berumur sembilan bulan. Sangat wajar jika di awal-awal mereka kemudian mengacak-acak makanan yang diberikan atau memunguti makanan yang berserakan disekitarnya."Ini proses belajar anak, hargai itu," ujarnya. Orangtua hanya perlu memastikan keamanan anak dan mengajarkan mereka cara makan yang benar secara perlahan-lahan. Jika dibiasakan anak akan mampu makan sendiri sejak dini. 

sumber: http://nasional.kompas.com/read/2012/08/04/23025046/Siasat.Saat.Bayi.Menolak.Makan

Terima kasih telah membaca postingan yang berjudul Cara Mengatasi Bayi yang Menolak Makan ini. Silahkan ikuti perkembangan informasi terbaru dan terpopuler lainnya dari blog terbaru-terpopuler.blogspot.com. Kami akan terus berusaha menyuguhkan konten bacaan yang menarik untuk Anda simak setiap hari.
Silahkan klik "like" dibawah ini, jika tulisan diatas bermanfaat untuk Anda

Title Post: Cara Mengatasi Bayi yang Menolak Makan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: onino mansah

Pembaca yang baik SELALU meninggalkan Komentar

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dengan topik akan segera di HAPUS