Cara Memperbaiki Kipas Bunyi Berisik Pada Netbook Asus Eee PC Seashell Series

Sudah hampir 2 tahun  saya menggunakan netbook Asus Eee PC Seashell Series, selama saya menggunakan netbook dari Asus tersebut tidak ada masalah berarti dalam hal gangguan hardware. Tombol-tombol keyboard pun masih berfungsi dengan baik, ga ada tombol yang mati.

Pada suatu ketika, saya dikejutkan dengan bunyi berisik kipas netbook asus Eee PC yang saya gunakan itu. Awalnya saya berpikir bunyi itu disebabkan oleh adanya kotoran atau debu yang masuk kedalam casing netbook, dan mengganggu kincir kipas. Saya mencoba memperbaiki kipas netbook Asus Eee PC yang bunyi berisik itu dengan cara menyedot melalui rongga kipas di bagian kiri netbook menggunakan penyedot debu. Tapi hasilnya masih saja kipas netbook mengeluarkan bunyi, bahkan semakin hari semakin keras.

Kondisi itu saya biarkan hingga lebih dari satu bulan. Setiap memakai netbook di kantor, terpaksa saya harus menahan malu dengan teman-teman kantor yang merasa terganggu dengan suara bising kipas dari netbook Asus Eee PC saya.

Akhirnya saya bawa netbook ke tempat service terdekat.Tapi betapa terkejutnya saya setelah konsultasi mengenai gangguan terhadap kipas netbook yang saya alami karena mahalnya harga yang ditawarkan. Pemilik tempat service tersebut memberi harga 150 ribu untuk membuka casing netbook. Itu belum termasuk tindakan yang harus dilakukan untuk memperbaiki kipas leptop yang berisik.

Katanya sih harga segitu udah murah, karena memang tidak gampang membuka casing leptop dengan segala resikonya. Tapi karena saat itu saya tidak memiliki uang, maka saya urungkan niat untuk memperbaiki kipas leptop atau netbook yang berisik itu.

Setelah tiba dirumah akhirnya saya mencari di internet tentang cara membuka casing laptop Asus Eee PC Seashell Series, tapi saya tidak menemukan artikel atau tutorial yang saya harapkan. Kemudian coba mengganti kata kunci dengan "cara memperbaiki kipas laptop yang bunyi berisik" tapi tak juga menemukan artikel yang sesuai. Akhirnya.. saya nekat membuka casing netbook saya untuk memperbaiki kipas yang bunyi berisik itu.

Alhamdulillah, setelah dibuka dan dibersihkan, kipas netbook Asus Eee PC Seashell Series saya sudah tidak bunyi berisik lagi. Berikut ini saya akan share cara yang sudah saya lakukan untuk meperbaikinya, barangkali kejadian ini menimpa juga laptop anda.

1. Buka batrei leptop, dan lepaskan ke-4 baud kecil yang ada didalamnya.


 2. Masih di sekitar tempat batre, renggangkan tepi rangka keyboard dengan casing netbook. Tarik dengan tangan secara perlahan


3. Pada bagian sisi kiri dan kanan, ada pengait yang harus dilepaskan. Untuk melakukannya, gunakan obeng kecil untuk mendorong pengaitnya. Lakukan di kedua bagian kiri dan kanan.


4. Jika sudah, lihat bagian atas netbook. Renggangkan tutup keyboard dengan casing bawah. Lihat pada gambar. Lakukan juga pada sisi sebelahnya dengan cara yang sama.


5. Lakukan cara diatas hingga sekeliling keyboard terbuka, seperti gambar dibawah ini


6.Angkat penutup keyboard, hati-hati dengan kabel konektor yang masih terkait ke motherboard.


7. Lepaskan semua baud yang ada, sampai sini kita akan membuka casing bagian dalam netbook.


8. Agar memudahkan kita dalam membuka semua baud yang merekat pada casing, lepaskan dulu konektor keyboard dari motherboard. Caranya.. geser dulu slot yg berwarna putih sebagai penjepit kabel data. Hati-hati saat menarik, jangan terlalu kuat dikarenakan kabel konektor tersebut sangat tipis.


9. Setelah semua baud dilepas, sekarang saatnya membuka casing dalam. Mulai dengan mengangkat penutup atau casing bagian kiri netbook. Lihat pada gambar.


10. Lanjutkan dengan merenggangkan bagian belakang netbook. Gunakan benda tipis untuk memasuki celah.


11. Lakukan sampai semua keliling tepi netbook terbuka, ingat jangan memaksa terlalu kuat jika ada bagian yang susah.


12. Setelah semua terbuka, sekarang tarik casing penutup. Hati-hati jangan terlalu kuat, karena masih ada kabel konektor ke motherboard.


13. Pusatkan perhatian anda pada bagian kipas, di sebelah kiri. Buka terlebih dahulu semua baud yang merekatkan kipas ke motherboard.


14. Lepaskan baud kipas


15. Setelah semua terlepas, angkat kipas dan kuningan. Hati-hati ada kabel power kipas yang masih terhubung ke motherboard.


16. Hati-hati dengan kabel power kipas


17. Lepaskan kuningan yang menutupi kipas, gunakan obeng yang sangat kecil untuk membuka kipas netbook Asus ini.


18. Ambil kincir kipas, periksalah apakah banyak debu di sekitarnya. Jika iya, segera bersihkan.


19. Gunakan sikat gigi atau kuas yang lembut untuk membersihkan sela-sela kincir dan sekitar kumparan.

20. Kipas netbook Asus Eee Pc bunyi biasanya disebabkan karena keringnya pelumas di tengah kumparan. Oleh karena itu, oleskan stemplet (oli lunak) sedikiiiittt saja pada besi tengah kincir sebagai pusat perputaran. Dan oleskan juga di sekeliling kincir bagian dalam, karena bagian ini bersingungan dengan kumparan di tengah. Sedikiiittt aja, jangan kebanyakan yaah. Bisa-bisa kincir malah ga muter karena terlalu lengket.

Nah itulah 20 langkah cara memperbaiki kipas netbook yang bunyi berisik. Jika leptop terlalu sering digunakan dalam durasi yang cukup lama, memang akan membuat kipas panas. Panasnya kipas inilah yang akan membuatnya kering sehingga mengeluarkan bunyi yang sangat mengganggu.

Terima kasih telah membaca Cara memperbaiki Kipas Bunyi Berisik Pada Netbook Asus Eee PC Seashell Series ini, semoga postingan ini bermanfaat buat pembaca sekalian dan menambah wawasan kita semua.

Terima kasih telah membaca postingan yang berjudul Cara Memperbaiki Kipas Bunyi Berisik Pada Netbook Asus Eee PC Seashell Series ini. Silahkan ikuti perkembangan informasi terbaru dan terpopuler lainnya dari blog terbaru-terpopuler.blogspot.com. Kami akan terus berusaha menyuguhkan konten bacaan yang menarik untuk Anda simak setiap hari.
Silahkan klik "like" dibawah ini, jika tulisan diatas bermanfaat untuk Anda

Title Post: Cara Memperbaiki Kipas Bunyi Berisik Pada Netbook Asus Eee PC Seashell Series
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Author: onino

Pembaca yang baik SELALU meninggalkan Komentar

{ 18 komentar... read them below or add one }

karunia mengatakan...

biar gak resiko ganti yg baru aja kipasnya..karna aku udah coba bersihin kipasnya tp tetep aja bunyi berisik..akhirnya ya ku bongkar lagi dan ganti kipas..murah kok,sik mahalan netbooknya hehehe

Noval Juniardi mengatakan...

Akhirnya ketemu juga tutorial ini. Problem kita sama, saya juga pengguna netbook Asus Eee PC Seashell Series udah 2 tahun. Dan setelah melihat tutorial ini, saya berniat membuka casing sendiri daripada harus ke Asus Center menghabiskan biaya mahal.

Nadine Qalby mengatakan...

tenkyu masbro, asus eeepc-ku juga brisik
tadi udah dibongkar casing trus ngebersihin kipas; dikikir dikit bagian atasnya yang nempel ke wadah. kayanya itu yang bikin bunyi krek-krek-krek slama ini yah
semoga ntar ga brisik lagi biar ga malu2in kalo lagi diluar hehe

Dheden Tyazz mengatakan...

akhirnya ketemu juga tutorialnya
tengkyu banget mas gan :)

Unknown mengatakan...

wuah makasih banget om..
sukses selalu buat om dah..

Seitou mengatakan...

"Pemilik tempat service tersebut memberi harga 150 ribu untuk membuka casing netbook."
parah banget om, jangan mau bayar ditipu perampokan itu...

Unknown mengatakan...

pengalaman yang mantap gan..
terima kasih udah sharing...

Darsono mengatakan...

Mantap, tadinya saya bermagsud membawa netbook ee pc ke servis center, tapi setelah menemukan artikel ini,masalah terselesaikan. terima kasih bos. postingan lain sangat ditunggu-tunggu

Unknown mengatakan...

makasih bru atas artikelnya....akhirnya saya membuat kebisingan laptop jadi lenyap

Anonim mengatakan...

Thanks mas bro ane baru dapet dari sodara n masalahnya kipas nya bunyi berisik n panas....so pasti ane coba tutor nya.....ditunggu postingan selanjutnya

Anonim mengatakan...

Harga kipasnya berapa ya om?

Unknown mengatakan...

harga kipas mungkin sekitar 150ribuan lah.... googling aja, biasanya di harco yng pusatnya itu murah2..... kemaren q abis nyari2 di tokojakarta.com sama voltapro.com yang di voltapro harganya agak lebih murah.tapi setelah baca artikel ini jadi pengen nyoba perbaiki dulu. thank ya...

agus mengatakan...

Setelah bongkar2 & di bersihin juga tapi tetep berisik sempet nyangka hdd kena badsec.
Gugling....
Akhirnya nyasar ke blog ini... ternyata kumpran nya kering, brubung g punya oli stemplet ane kasih minyak kelapa aja
Its Work! Trust me hehe..
.Tengkyu gan... Nice Share!

Setelah ke Blog Ini Kipas notebook Asus Eepc saya Heniiiiing!

Unknown mengatakan...

Matur thank u gan. .
Notebook sy asus jg,nie ad msalah d colokan charger y. .
Saya udh m0ndar mandir ksana kmari,mau service mhal abizt. .
Terpaksa saya congkel sndiri casing y dg panduan tutorial agan. .
Mg berkah gan

ridhogatra mengatakan...

cara lepas kipas atau baling baling nya gimana tu bro , apa di tarik aja?

Unknown mengatakan...

akhirnya ketemu...tutorial ini...
makasih gan infonya

MTs MUGA NGARGOSARI mengatakan...

tks gan,

Unknown mengatakan...

makasih gan infonya


PROMO SPESIAL TELKOMSEL , Harga Pulsa Data Telkomsel Nominal 50rb & 100rb Turun Harga. Pulsa Data 1,5 GB Hanya Rp.45,500 Buruan Akses www.serbabayar.com atau Gunakanan Apps di : https://goo.gl/ge8E2d

Posting Komentar

Komentar yang tidak sesuai dengan topik akan segera di HAPUS